Hari April Mop, Antara Suka dan Duka

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Tanggal 1 April yang dikenal sebagai April Mop, hari dimana orang bebas melakukan kebohongan, tipuan atau bahasa sibernya disebut hoax.

April Mop memang membuat suka-cita sebagian orang lantaran berhasil mengelabui dengan berbagai cara. Di Eropa dan Amerika, April Mop bahkan dilegalkan oleh media sekelas BBC dan USA Today. Namun ada juga yang berduka di awal bulan April itu.

Bacaan Lainnya

Sebut saja pada tahun 1957 dimana program televisi BBC membuat sebuah lelucon terkenal dengan menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri.

Burger King pada tahun 1998 memasang iklan di USA Today tentang burger yang hanya bisa didapat oleh orang-orang yang kidal.

Pada tahun 2008 sebuaha selebaran beredar di kampus Universitas Brigham Young yang menyatakan sebuah asrama akan meledak pada tanggal 1 April. Ratusan orang tertipu karena selebaran resmi itu tak pernah ada.

Pada tanggal 1 April 1946, gempa bumi yang disertai tsunami menewaskan sedikitnya 165 orang di Hawaii dan Alaska. Banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.

Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

April Mop tinggal menghitung jam. Mungkin sebagian dari anda sudah menyusun rencana menyambut datangnya hari suka cita April Mop. Tapi ingat, tanggal 1 April tentunya juga menjadi hari berduka bagi sebagian orang seperti para keluarga korban bencana tsunami di hawaii.

Laporan: Jabbar Bahring

  • Whatsapp