Ingat, sesaat lagi Debat Capres Jokowi dan Prabowo

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – KPU memastikan debat calon presiden (capres) sesi kedua sesuai jadwal digelar malam ini MInggu 15 Juni 2014 pukul 20.00 WIB. Namun, kali ini debat hanya di ikuti kedua capres yakni Prabowo dan Joko Widodo.

Debat capres ini digelar di Hotel Gran Melia, Jakarta dengan moderator ekonom dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Ahmad Erani Yustika. Sesuai jadwal, debat capres sesi kedua tetap disiarkan secara langsung stasiun tv nasional seperti MetroTV dengan tema “Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial”.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Hasil rekap Pilpres di Makassar: Jokowi-JK 70,36%, Prabowo-Hatta 29,64%

“Ini bukan talkshow. Ini adalah debat kenegaraan yang berbeda dengan talkshow atau karena ini debat kenegaraan, maka dalam batas-batas tertentu harus dibatasi elemen hiburannya. Kami banyak merujuk ke negara-negara yang sudah matang mendesain debat,” kata Sigit Pamungkas, KPU seperti dilansir kompas.com. Menurut dia, batas-batas atau aturan main tersebut di antaranya ialah moderator tetap berada di balik podium, moderator tidak boleh mengeluarkan gerakan anggota tubuh yang bisa dinilai keberpihakan, dan moderator tidak boleh memberikan pertanyaan “mengejar” si calon sehingga pendukung tidak bertepuk tangan saat calon memberikan jawaban atau pernyataan.

“Pasti tepuk tangan memang tidak boleh. Di banyak negara, audiens dari partai pun tidak boleh, atau pasangan calon,” ujar dia.

BACA JUGA:   Hasil quick count LSI: Jokowi-JK pemenang Pilpres 2014

Laporan: cr18/Jhe