Kolombia versus Pantai Gading, merebut puncak Grup C

oleh

BRASILIA,BB – Perebutan tangga tertinggi di setiap klasemen Grup pada Piala Dunia 2014 semakin sengit. Kini giliran tim di Grup C yang bersaing merebut puncak klasemen sementara.

Adalah Kolombia dan Pantai Gading. Kedua timnas ini bakal menjalani partai hidup mati demi posisi pertama pada klasemen Grup C. Saat ini keduanya menorehkan hasil maksimal usai kemenangan di partai pertama. Keduanya pun langsung bertemu di partai kedua yang digelar di Stadion Nasional de Brasilia, Brasília, Brasil, Kamis malam nanti, 19 Juni 2014 pukul 23.00 WIB. (Seperti biasa laga akan live di ANTV dan TVONE).

Kolombia boleh berbangga saat ini karena membantai Yunani dengan skor 3-0. Sedangkan Pantai Gading menghempaskan Jepang dengan skor tipis 2-1. Di atas kertas, memang Kolombia masih dijagokan apalagi melihat tren positif laga perdana.

BACA JUGA:   Jadwal Bola di TV, Minggu 5 Januari 2014

Head-to-head
-Ini adalah pertemuan perdana kedua tim
– Pelatih Kolombia Jose Pekerman, pernah melatih Argentina saat menang 2-1 atas Pantai Gading di Piala Dunia 2006.

Sepak terjang Kolombia
-Kemenangan 3-0 Kolombia melawan Yunani adalah kemenangan terbesar mereka di Piala Dunia.
– Los Cafeteros tidak pernah terkalahkan dalam pertandingan penyisihan Piala Dunia dan tidak pernah menang lebih dari satu pertandingan di setiap edisi turnamen.
– Mereka tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka (M4, S4) sejak kalah 2-0 di Uruguay pada 10 September 2013.
-Jika mereka terhindar dari kekalahan itu akan menjadi hasil tak terkalahkan secara beruntut terpanjang mereka sejak sembilan pertandingan yang sudah lalu antara 2007 dan 2008.
-Melawan Yunani, Juan Cuadrado menjadi pemain Kolombia pertama yang memberikan dua assist dalam pertandingan Piala Dunia sejak 1962.
-James Rodriguez kini telah mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan internasional terakhirnya.
-Rodriguez memiliki sentuhan lebih (90) dibanding pemain lain dalam pertandingan melawan Yunani.
-Kapten Mario Yepes akan memenangkan caps ke-100.

BACA JUGA:   [Cuplikan video gol] Hasil Belanda vs Meksiko skor akhir 2-1

Sepakterjang Pantai Gading
-Dua dari tiga kemenangan Pantai Gading di Piala Dunia telah datang setelah kebobolan di partai pembuka (3-2 v Serbia dan Montenegro pada 2006 dan 2-1 v Jepang pada 2014).
-Tujuh dari 11 gol mereka di Piala Dunia telah dicetak pada setengah jam terakhir pertandingan.
-Mereka hanya gagal mencetak gol sekali dalam tujuh pertandingan Piala Dunia mereka (0-0 v Portugal pada 2010).
-Namun, mereka telah menjaringkan gol pembuka hanya sekali (dalam kemenangan 3-0 melawan Korea Utara pada 2010).
-Pantai Gading telah hampir setahun tanpa clean sheet. Dalam delapan pertandingan terbaru mereka, kedua belah pihak telah mencetak gol.

Laporan: cr19/jhe