Mulai besok, peringatan merokok harus bergambar seram

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Peringatan merokok yang selama ini berupa teks tulisan bakal berubah dengan gambar seram atau ngeri. Demikian aturan baru yang wajib dilakukan setiap produsen rokok.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28. Semua produk rokok wajib mencantumkan peringatan Bahaya Merokok Bagi kesehatan dengan gambar yang menyeramkan pada pembungkus rokok.

Bacaan Lainnya

“Sesuai PP 109/2012 dan Permenkes No.28 tahun 2013 yang berlaku pada 24 juni 2014, semua produk rokok, baik yang produk luar atau dalam negeri wajib mencantumkan peringatan kesehatan melalu gambar. Yang tidak mencantumkan akan ditarik dari peredaran,” kata Menko Kesra Agung Laksono dalam jumpa pers di Kantor kemenko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 23 Juni 2014.

BACA JUGA:   Sebut Rokok Tidak Berbahaya, Cameron Diaz Dikecam Berbagai Pihak

Menko Kesra menegaskan, produk rokok yang belum mencantumkan gambar itu akan ditarik dari pasaran untuk diganti. “Dalam 2-3 bulan ini produk rokok yang belum memiliki peringatan bergambar akan ditarik, dan diganti dengan produk rokok yang sudah memiliki peringatan bahaya rokok melalui gambar,” tegasnya.

Laporan: cr18/PR – Foto bacagosip.com

Pos terkait