Penulis Ana Maria Matute meninggal dunia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BARCELONA,BB – Penulis wanita terkenal asal Spanyol, Ana Maria Matute, meninggal dunia 24 Juni 2014. Peraih penghargaan Cervantes Prize ini meninggal dunia diusia 88 tahun.

Matute adalah perempuan ketiga yang mampu meraih penghargaan Cervantes Prize. Matute lahir di Barcelona pada 26 Juli 1925. Ia berasal dari sebuah keluarga kelas menengah yang konservatif. Sebagian besar masa kecilnya dihabiskan di Madrid. Meski demikian, hanya sedikit kisah novelnya yang mengambil latar di sana.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Innalillah, Bocah Asal Herlang Ini Meninggal Tenggelam Sebelum Lebaran

Saat usianya menginjak 10 tahun, pecah Perang Saudara Spanyol pada 1936, yang kemudia memberi dampak terbesar terhadap tulisan-tulisan Matute. Sebagian besar fiksi yang tergurat dari penanya, mencerminkan pengalaman Matute sebagai remaja selama Perang Saudara Spanyol berkecamuk. Dalam prosa lembut dan sederhana, ia menuliskan tentang kekerasan, keterasingan, penderitaan, dan kesedihan mendalam yang mengiris sukma.

Sejumlah karya yang telah dihasilkannya termasuk ‘Los Abel’ (1948), ‘Fiesta al noroeste’ (1952; tr. ‘Celebration in the Northwest’, 1997), ‘Los hijos muertos’ (1958; tr. ‘The Lost Children’, 1965), dan ‘Los soldados lloran de noche’ (1977; tr. ‘Soldiers Cry by Night’, 1995).
Sumber: Media Indonesia/Twitter – Foto Glossi.com