BPK Segera Audit Dana Partai Politik

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kini berada di Kabupaten Bulukumba melakukan audit terhadap APBD Bulukumba 2012, termasuk dana parpol. Namun masih ada 11 Parpol belum serahkan LPj.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyayangkan lambannya penyerahan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) oleh 11 partai politik (parpol) penerima Dana APBD 2012. Padahal saat ini sudah berlangsung proses auditing dana APBD 2012 oleh BPK.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bulukumba, M Daud Kahal, membenarkan keberadaan tim BPK di Bulukumba. Menurutnya, BPK akan melakukan audit penggunaan dana bantuan yang diterima oleh parpol.

BACA JUGA:   Akhirnya Semua Parpol Serahkan LPj

Total dana bantuan dari APBD 2012 untuk semua parpol di Bulukumba lebih dari Rp759,9 juta. Partai Golkar terbanyak menerima dana bantuan sebesar kurang lebih Rp130 juta, disusul PAN Rp114 juta, dan Partai Demokrat Rp67 juta. Sementara itu, PKPI tercatat sebagai parpol penerima dana bantuan terkecil yang jumlahnya hanya Rp11,3 juta.

Daud berharap, parpol segera menyerahkan LPj laporan pertanggung-jawaban uang APBD 2012 yang mereka terima. Sehingga tim BPK dapat melakukan audit.

“Jauh hari sebelumnya saya sudah mengirim surat ke semua parpol agar segera merampungkan LPj-nya satu bulan sebelum tahun anggaran 2012 berakhir,”terang Daud Kahal.

Laporan: SL/Edy