Hacker China bobol jaringan komputer pemerintah AS

oleh

NEW YORK,BB – Hacker Cina dilaporkan telah menyusup masuk ke jaringan komputer bagian Manajemen Personalia Kantor pemerintahan Amerika Serikat awal tahun ini. Demikian dilaporkan The New York Times Rabu malam 7 Juli 2014 waktu setempat.

Hacker tersebut berusaha mengakses file dari puluhan ribu karyawan federal yang telah diterapkan untuk izin keamanan rahasia. Pejabat senior AS mengatakan hacker mendapatkan akses ke database Maret lalu. Namun upaya itu terdeteksi dan akses diblokir. Tuduhan hacker China dibalik kegiatan itu sempat membuat kedua negara tegang. Hacking Cina telah menjadi tema utama diskusi AS-China pekan ini di Beijing, meskipun kedua belah pihak menyatakan masalah telah usai.

Loading...

Pada bulan Mei, Departemen Kehakiman mengajukan dakwaan 31-count terhadap lima pejabat militer China beroperasi di bawah hacker. Mereka dituduh menembus jaringan komputer sebuah perusahaan baja dan pembuat teknologi surya dan nuklir untuk mendapatkan keuntungan kompetitif. Pemerintah China membantah tuduhan tersebut dan menghentikan kelompok kerja pada aturan cyber yang akan menjadi bagian dari “Dialog Strategis dan Ekonomi” minggu ini. (New York Times)

Loading...