Program KIA Bulukumba Raih Penghargaan IMA 2012

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA, BB – Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang dicanangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba mendapat penghargaan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, drg Hj Dian Wellyati Kabier, Bulukumba masuk dalam 4 besar sebagai peserta program KIA terbaik di Indonesia.

Bacaan Lainnya

MDGs Award adalah sebuah penghargaan yang dibuat Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk mendukung tujuan pembangunan milenium atau Millenium Development Goals (MDGs) sebelum 2015.

“Kita harus bangga dengan program KIA di Bulukumba. Dari sejumlah tahapan nominasi MDGs Awards, Bulukumba berada di urutan empat se-Indonesia,”terang Dian, di Kantornya Rabu 3 April 2013.

Penghargaan ini tak lepas dari peran para Bidan di Kabupaten Bulukumba dalam menjalankan program kesehatan ibu dan anak bagi warga. Seabrek kegiatan KIA hingga saat ini masih berjalan. Sebut saja diantaranya program Kelas Ibu Hamil dan program Kemitraan bidan dan dukun.

Pertemuan-pertemuan para ibu hamil bersama kader kesehatan mampu meningkatkan kesadaran ibu hamil mengunjungi puskesmas atau rumah sakit untuk memeriksakan kandungan.

Penghargaan ini menurut Kordinator Bidan Dinkes Kabupaten Bulukumba, Hj Megawati, menjadi motivasi dan langkah berkelanjutan untuk meningkatkan program KIA ke depannya.

“Kelas ibu hamil, kemitraan bidan dukun dan sebagainya sangat mendukung program KIA di Bulukumba, terbukti program KIA di daerah ini meraih penghargaan MDGs (IMA 2012),”katanya.

Penghargaan ini telah diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI kepada Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan. Bulukumba menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang lolos semifinal atau tahap nominasi kedua di IMA 2012.

Laporan: Wawan BK