Penembak pesawat MH-17 misteri, diduga rudal BUK SA-17 Grizzly

oleh

MOSCOW,BB – Pesawat Malaysia Boing 777 MH-17 diduga jatuh dan hancur akibat terkena temnbakan rudal di atas daerah konflik perbatasan Ukraina-Rusia.

Penasehat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashenko menulis dalam laman Facebooknya bahwa pesawat nahas tersebut terbang pada ketinggian 33.000 kaki ketika terkena rudal yang diduga ditembakkan dari peluncuran di Buk, dilaporkan USA Today.

Loading...

BUK (M 1-2), juga dikenal sebagai SA-17 GRIZZLY, adalah sistem anti-pesawat seluler dipasang biasanya pada kendaraan atau truk yang secara bersamaan dapat melacak dan menyerang enam sasaran terbang dari arah yang berbeda dan pada ketinggian yang berbeda.

Hal sama disampaikan Presiden Ukraina Petro Poroshenko seperti dilansir AFP. Menurutnya pesawat Malaysia Airline MH17 mungkin ditembak, Kamis 17 Juli 2014. Belum jelas siapa yang memegang kendali atas peluncuran rudal di area yang bergolak di mana pasukan Ukraina sedang bertempur melawan separatisme etnis Rusia.

Belum ada komentar dari manajemen Malaysia Airlines terkait kemungkinan ini. Manajemen ini hanya mengatakan, pihaknya telah “kehilangan kontak” dengan salah satu pesawatnya yang diketahui tengah melintas di wilayah udara Ukraina. Dilaporkan ada 280 penumpang dan 15 kru yang ada di dalamnya.
buk sa-17

Laporan: cr18/Jhe/AFP/USA Today – Foto vcmedia.com

Loading...