Nelson Mandela di Google Doodle

oleh

JAKARTA,BB – Google Doodle merayakan kelahiran mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, hari ini Jumat 18 Juli 2014. Nelson Mandela merupakan pahlawan bagi rakyat Afrika Selatan yang menyuarakan anti rasisme.

KIni halaman utama Google memberikan penghargaan atas jasa Nelson Mandela melalui Doodle. Sebuah foto Nelson Mandela muncul di balik logo Google. Di samping kiri foto tersebut terdapat bunga mekar. Terdapat juga tulisan “Nelson Mandela” di pita putih mengelilingi fotonya.

Loading...

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 dan meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember tahun lalu pada umur 95 tahun. Ia seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.

Nelson Mandela Google Doodle
Nelson Mandela Google Doodle

Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999. (Foto Timeslive.co.za)

Loading...