Berita hoax, catut nama media nasional seperti Detik dan Kompas

oleh

JAKARTA,BB – Jelang penetapan hasil rekapitulasi suara real count oleh KPU, sejumlah berita bohong alias hoax bertebaran di Facebook. Diantaranya kabar bahwa capres Jokowi secara mengejutkan mengundurkan diri.

Tentu kabar itu mendapat tanggapan negatif dari sejumlah pendukung Joko Widodo di FB. Kabar ini berawal dari tautan link situs new–com dengan subdomain sumber mencatut nama media besar seperti Detik.com, Kompas.com, Antara News dan lainnya.

Loading...

“Kejadian mengejutkan terjadi sesaat setelah deklarasi damai kedua kubu Capres. Joko Widodo tiba-tiba mengambil langkah mengejutkan dengan mengundurkan diri dari Calon Presiden. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak KPU dan telah sah tercatat gugur sebagai Calon Presiden RI. Maka secara juridiksi pesaingnya lah yang mutlak keluar sebagai pemenang dan segera dilantik menjadi Presiden”,tulis isi berita hox di halaman FB dan situs tersebut.

Bukan sampai disitu, berita hoax ini terus diupdate layaknya berita resmi dari media nasional.

“Tak terima pasca pengunduran diri Jokowi siang tadi, para pendukungnya spontan menangkap Prabowo yang dituduh sebagai dalang mundurnya Jokowi dari kursi Capres. Para relawan menganggap semua ini skenario dan pengkhianatan terhadap konstitusi”,petikan update berita tersebut.

Loading...