Jadwal Lebaran Idul Fitri 1 Syawal, Pemerintah & Muhammadiyah, 28 Juli 2014

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Jadwal lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriyah hampir dipastikan serentak di Indonesia pada Senin 28 Juli 2014. Muhammadiyah sejak penentuan awal Ramadhan lalu sudah memastikan hal tersebut.

Bagaimana dengan kalangan NU yang selama ini menjadi panutan Pemerintah menetapkan hari raya Idul Fitri itu? Meski penetapan 1 Syawal dipastikan setelah sidang isbat, namun Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thonas Djamaluddin pada Juni lalu juga sudah memberikan gambaran. Menurutya meski perbedaan awal Ramadhan berbeda tetapi hampir dipastikan lebaran akan bersamaan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Ucapan Lebaran Idul Fitri 1437 H - 2016 Untuk FB, SMS dan BBM

Pemantauan bulan untuk penetapan 1 Syawal (lebaran) dilaksanakan pada 27 Juli. Saat pemantauan itu, posisi bulan berada di atas 3 derajat sehingga memungkinkan dilakukan pengamatan langsung atau rukyat. Sehingga 1 Syawal diperkirakan jatuh pada 28 Juli. Itu artinya hampir dipastikan lebaran tahun ini serentak.

“Lebih pastinya kita tunggu sidang isbat oleh Kemenag nanti,” ujarnya. Selamat menyambut Hari raya Idul Fitrih 1435 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Pos terkait