Ikut Hassanal Bolkiah Trophy, Timnas U19 diganti U21 di Cotif Spanyol

oleh

JAKARTA,BB – Timnas U19 dipastikan batal melakoni laga melawan klub Barcelona junior dan tim lainnnya di ajang Cotif Spanyol 2014. Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyetujui proposal Badan Tim Nasional yang membatalkan keikutsertaan Tim Nasional U-19 ke Turnamen COTIF di Valencia Spanyol.

Selanjutnya Timnas asuhan Indra Sjafri tersebut akan diikutsertakan dalam Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy yang digelar di waktu yang hampir bersamaan dengan jadwal COTIF. HBT digelar 9-23 Agustus 2014. Sementara COTIF pada 10-20 Agustus 2014.

Loading...

Sekjen PSSI, Joko Driyono mengungkapkan, keputusan tersebut didasari atas dua faktor utama, yakni faktor teknis dan non-teknis. Dari sisi teknis, BTN menilai HBT lebih memberi manfaat dari sisi teknis terhadap tim. Mengingat lawan yang dihadapi adalah Timnas U-21 plus 3 pemain Senior.

“Dari sisi non teknis, negara, melalui KBRI di Brunei, secara resmi meminta kepada PSSI agar mengirimkan tim untuk ikut di HBT. Apalagi di HBT sebelumnya, Indonesia runner up,” beber Joko usai rapat Exco di Hotel Sultan, Jakarta Rabu 23 Juli 2014 lalu.

Untuk menggantikan Timnas U-19 di COTIF, BTN mengirimkan Timnas U-21 yang disiapkan untuk ajang turnamen U-22 tahun 2015 mendatang, yang ditukangi Rudi William Keltjes, yang juga menjabat technical advisor di BTN.

Timnas U-19 di Turnamen HBT akan berada di grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, Singapore dan Brunei Darussalam. Sementara di group A, Laos, Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Filipina. Jika dilihat dari grup, Indonesia berada pada group panas, di mana banyak diisi oleh negara–negara yang disebut sebagai kekuatan sepakbola ASEAN.

Sedangkan Timnas U-21 di COTIF akan berada di grup A bersama Argentina, Mauritania, Barcelona, dan Arab Saudi. Belakangan Arab Saudi dikabarkan mundur dari turnamen ini. Di grup B akan berlaga Brazil, China, Ekuador, Qatar dan Valencia. (liga Indonesia)

Loading...