Komunitas Jurnalis Berhijab, bukan sekadar kerja

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Profesi jurnalis atau wartawan kerap dimaknai sebagai pekerjaan yang keras dan butuh perjuangan. Saat ini jurnalis justru digandrungi oleh kalangan perempuan.

Bahkan muncul komunitas jurnalis yang mengenakan hijab atau jilbab. Hal ini membuat perkumpulan profesi jurnalis lebih ramai diluar organisasi resmi seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) atau Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Bacaan Lainnya

Komunitas Jurnalis Berhijab atau disingkat KJB dibentuk atas kesamaan profesi, passion dan tentunya sama mengenakan hijab. Menurut Trifty Qurrota Aini, salah seorang anggota komunitas KJB, perkumpulan ini berawal dari rutinitas sehari-hari di lapangan. Mereka kerap bertemu saat terjadi peristiwa. Meski anggota KJB berasal dari media yang berbeda, tetapi dalam bekerja mereka saling membantu. “Chemistry sebagai sesama muslimah akhirnya mendorong kita memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah dengan membentuk KJB,”kata jurnalis Metro TV ini.

BACA JUGA:   Hijab simple warna putih, tren model jilbab lebaran 2014

Selain membahas soal pekerjaan, jurnalis berhijaab kerap bertukar pikiran tentang ibadah ataupun tren hijab. “KJB terdiri dari wanita berhijab dari berbagai media massa, diantaranya media TV, Radio, cetak, online. Saat ini jumlah anggota KJB lebih dari 50 orang,”kata Trifty.

Disela kesibukan mencari berita, anggota KJB masih meluangkan waktu melakukan aksi sosial. Diantaranya menggelar seminar, workshop untuk Siswa Dhuafa, Journalistik Goes to School, Fashion Show, TalkShow dan Siaran Radio. Memang KJB saat ini disi oleh sebagian besar jurnalis senior dengan masa kerja di atas 3 tahun. Namun, menurut Trifty, jurnalis muslimah di seluruh Indonesia bisa bergabung baik jurnalis, presenter, reporter, camera person, produser, field produser, koordinator liputan maupun make up artist.

BACA JUGA:   Kumpulan Tutorial Hijab Terbaru Simpel dan Elegan Lebaran 2015

Anggota KJB:
METRO TV, TV ONE, RCTI, SCTV, RRI, detik.com, okezone, CNN Indonesia, ANTV, TRANS7, SINAR HARAPAN, KOMPAS TV, MNC TV, RTV, TVRI, NET TV, ANTARA TV, ANTARA ONLINE, JAKTV, KORAN SINDO, SINDO TV, GLOBAL TV, RAS FM, MAJALAH NOOR, MAJALAH ANNISA, DAN JURNALIS FOTO.