Penipuan MMM India terbongkar, lalu bagaimana MMM Indonesia?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Penipuan bisnis online MMM atau Mavrodi Mondial Moneybox di India terbongkar. Kini menunggu nasib MMM Indonesia yang dikenal dengan nama Manusia Membantu Manusia (MMM).

Bisnis MMM di negara Hindustan terkuak. Bahkan bisnis berupa arisan itu telah menyeret pelakuknya ke ranah hukum. Memang bisnis MMM di India telah menjalar hingga pelosok desa. Penangkapan seorang pria Rusia ini terjadi pada Juli tahun 2013 oleh Badan Pelanggaran Ekonomi (EOW) kota Mumbai. Adalah Michael Gulakhev dan Jennifer Menezes, istrinya yang berasal dari Goa, India. Pasangan tersebut ditangkap karena melalukan penipuan yang melibatkan MMM India.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Member MMM Indonesia pasrah Rp 40 juta melayang

“Pasangan ini mengendalikan publikasi dan koordinasi bisnis (MMM) melalui internet. Kami sudah menangkap mereka di Goa,” kata seorang perwira polisi setempat, seperti dikutip dari The Times of India, Jumat 8 Agustus 2014. Gulakhev bekerja di MMM India sebagai penerjemah sekaligus motivator. “Dia (Gulakhev) telah menyelenggarakan beberapa kamp pelatihan dan memotivasi para investor. Setiap kali ada orang Rusia yang datang berkunjung dan menyampaikan materi, Gulakhev akan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris kemudian bahasa Hindi,” jelas polisi tersebut.

Sebagai buntut kasus tersebut, otoritas setempat telah membekukan lebih dari 20 rekening bank milik tersangka. “Kami berusaha mencari tahu apakah ada uang yang telah dikirim ke luar negeri,” ujar salah satu sumber dari pihak kepolisian.

BACA JUGA:   MMM Indonesia akhirnya macet?

Sebelumnya pada bulan Juni tahun yang sama, EOW telah menangkap lima orang termasuk dua orang warga negara Rusia untuk kasus penipuan dengan melalui MMM India. Diduga, pendiri MMM Sergei Mavrodi juga ikut mendalangi kasus penipuan tersebut.

Di Indonesia, MMM juga menjadi mesin uang sejumlah orang. Bahkan para anggota MMM tak menggubris tanggapan yang menyebut MMM sebagai penipuan. Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menyebut MMM sebagai bisnis ilegal karena tidak memiliki izin hingga saat ini.

5 Komentar

  1. Semua pekerjaan atau bisnis punya resiko…anda tidur pun punya resiko,,,jd menurut saya gak perlu menjelek2kan mmm..disini mmm tdk ada pemaksaan untuk bergabung, semua keputusan anda, jd kesimpulannya berfikir positif lah anda, jngan selalu berfikir negatif,,,

  2. Ohh… jadi mengendalikan publikasi dan koordinasi bisnis melalui internet adalah suatu pelanggaran hukum ya??? Kalo gitu gimana nasibnya bisnis2 yang ada di internet lainnya???… HAHAHA… lucu beritanya HAHAHA

  3. anda sebagai penulis seharusnya mencari tahu dulu apa yang sebeneranya terjadi pada MMM India, bukan menyimpulkan opini anda sendiri. MMM India tidak ada sama sekali unsur penipuan melainkan dibredel oleh pemerintah India karena pendukungnya terlalu banyak mereka membuat parti MMM. dan akhirnya sekarang MMM di India sudah berjalan normal lagi. kalau memang MMM merupakan penipuan kenapa dari tahun 2012 jumlah pendukungnya terus bertambah dan terus merambah ke negara-negara lain

    1. Saya salah satu member MMM, sudah pernah dapat GH sekali, ketika PH kedua kali, tiba2 ada news MMM sdgm recovery server dan sampai sekarang GH yang dijanjikan tidak kunjung cair. Semua saldo ketika di cek “0”. Anda bisa kasih solusi untuk masalah ini?

Komentar ditutup.