Obor Porda Bantaeng XV dikirab dari Situs Balla Tujua ri Onto

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BANTAENG,BB – Sumber api untuk penyalaan obor Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulsel XV dan Peparprov III yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng September 2014 akan diambil dari situs budaya Balla Tujua ri Onto, sekitar 12 kilometer dari Kota Bantaeng.

Lokasi kerajaan pertama di Bantaeng tersebut dinilai sebagai sumber api pertama di daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel yang pemicunya dari batu dan kemiri yang hingga kini masih digunakan masyarakat.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Porda Bantaeng 2014: Tiga cabang olahraga hadir lebih awal

Hal itu terungkap pada rapat teknis pelaksanaan Porda XV di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Sabtu (9/8). Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin tersebut dihadiri Koordinator Bidang Upacara Komite Nasional Olahraga (KONI) Sulsel Syahrir Nur. Selain itu, hadir pula pengurus KONI lainnya seperti H Bakri Pallao dan A Abubakar Hamid.

Menurut Syahrir Nur, dari situs budaya Balla Tujua ri Onto, api tersebut dikirab menuju Balla Lompoa di Kota Bantaeng. Kirab dilakukan sejumlah atlet serta perwakilan pemuda dan masyarakat setelah dilakukan upacara sakral. Dari Balla Lompoa, api disemayamkan terlebih dahulu sebelum ke tempat berlangsungnya pembukaan pesta olahraga se Sulsel tersebut di lapangan Pantai Seruni.

BACA JUGA:   Klasemen Akhir Porda Sulsel 2018 di Pinrang

Laporan: Humas Pemkab Bantaeng

Pembukaan Porda XV yang akan dihadiri seluruh petinggi daerah se Sulsel dijadwalkan dilakukan Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah. Berbeda dengan pelaksanaan Porda selama ini yang dilakukan di stadion, pada Porda XV di Butta Toa, pembukaannya dilakukan di lapangan terbuka dan pinggir pantai.

Pesta olahraga antar daerah se Sulsel ini diperkirakan diikuti 7000 atlet dan official dari 23 kabupaten/kota di Sulsel. Jumlah tersebut belum termasuk para penggembira yang diperkirakan lebih banyak. Karena itu, panitia diharap mampu mengantisipasi mulai dari kedatangan kontingen, pengantaran ke lokasi pemondokan hingga pada pelaksanaan kegiatan.

Porda yang baru pertama kali dihelat di wilayah bagian selatan Sulsel ini mempertandingkan 25 cabang olahraga mulai dari atletik, sepak bola, renang hingga balap motor. Secara lengkap cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut masing-masing atletik, billiard, bridge, bulu tangkis, bola voli outdoor/indoor, bola voli pantai, basket, balap sepeda, sepeda gunung.

BACA JUGA:   Takalar tantang Makassar di Semifinal Sepakbola Porda Bantaeng 2014

Balapo motor, catur, dayung, judo, karate, kempo, menembak senjata api dan senjata angin, pencak silat, panjat tebing, panahan, renang, senam, sepak bola dan futsal, sepak takraw, tennis meja, taekwondo, tennis lapangan dan tinju.