Kecepatan Kereta Api Trans Sulawesi bisa 200 KM/Jam

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

MAKASSAR,BB – Warga Sulawesi, khususnya Sulsel boleh berbangga dengan pembangunan jalur Kereta Api Trans-Sulawesi. Pasalnya, jalur kereta api tersebut terbilang modern.

Jalur KA Trans Sulawesi dapat dilalui kereta dengan kecepatan tinggi hingga 200 kilometer per jam. Sehingga untuk menempuh jarak Makassar – Parepare pun lebih cepat. Hal ini juga membuat rel kereta api di Trans-Sulawesi lebih unggul dari yang sudah ada di Jawa. “Jadi relnya mampu dilalui 200 kilometer per jam. Kita bangun untuk 100 tahun kedepan, kalau di Jawa kan udah tidak bisa di apa-apakan,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoto di Jakara, Rabu 13 Agustus 2014.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Kebakaran pasar Hartaco Makassar, Indomaret ikut dilalap api

Lebih lanjut Hermanto mengatakan bahwa rel KA di Jawa hanya bisa dilalui kereta dengan kecepatan maksimal 120 Km/jam. Kelebihan lain, jalur KA Trans-Sulawesi dibangun double track sehingga penggunaannya bisa langsung terasa bagi distribusi barang ataupun orang.

Pembanguan rel KA Trans-Sulawesi ditandai dengan peletakan batu pertama di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Selasa 12 Agustus 2014. Tahap pembangunan pertama yakni 34 kilometer dari Barru-Pangkep lalu 50 kilometer Pengkep-Maros hingga 146 kilometer dari Makassar-Parepare. Diperkirakan operasional KA Trans Sulawesi dimulai tahun 2017.