Diana Wynne Jones, sosok di Google Doodle hari ini

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Berikut ini adalah profil dan biodata Diana Wynne Jones. Ia adalah seorang penulis buku dongeng terkenal asal Inggris yang mendunia.

Sejumlah buku karangannya juga beredar versi Bahasa Indonesia. Buku yang paling terkenal berjudul “Istana yang Bergerak” yang dalam rilis versi Inggris berjudul Howl’s Moving Castle. Hari ini Google turut ambil bagian untuk mengingatkan kembali sosok Diana Wynne Jones.

Bacaan Lainnya

Google melalui Doodle membuat animasi dengan tema yang terinspirasi dari buku “Istana yang Bergerak”. Buku “Istana yang Bergerak” mulai rilis pada 1986. Buku ini juga mendapat penghargaan Phoenix Awards. Cerita buku “Istana yang Bergerak” juga sempat difilmkan dan masuk sebagai nominasi Academy Award 2006.

Diana Wynne Jones fo by REX FEATURES
Diana Wynne Jones fo by REX FEATURES

Diana Wynne Jones, lahir di London, Inggris, 16 Agustus 1934 dan meninggal 26 Maret 2011. Karya-karyanya yang mendunia disandingkan dengan buku fiksi Harry Potter milik J.K. Rowling. Diana Wynne Jones dikabarkan telah menulis lebih dari tiga puluh buku, sebagian ditujukan untuk anak-anak dan sebagian lagi untuk orang dewasa. Karya-karyanya diterbitkan di berbagai negara dan memenangkan banyak penghargaan, yang terakhir adalah World Fantasy Award for Lifetime Achievement (2007).

BACA JUGA:   Selain Penemu Golongan Darah, Karl Landsteiner Juga Ilmuwan Virus Polio

Seri The Worlds of Chrestomanci (Dunia-Dunia Chrestomanci) tahun 1977 disebut sebagai buka yang menjadi sumber inspirasi J. K. Rowling kala menulis seri Harry Potter. Berikut sejumlah buku karya Diana Wynne Jones yang populer dan terbit dalam Bahasa Indonesia:

Howl’s Moving Castle – Istana yang Bergerak, 2009
Seri The Worlds of Chrestomanci:
-The Magicians of Caprona – Penyihir-Penyihir Caprona, 2009
-Charmed Life – Eric Chant dan Korek Api Bertuah, 2009
-Mixed Magics, 2011
-Christopher Chant, Bocah Bernyawa Sembilan, 2009
-Pekan Penyihir, 2011