Mesin Fotocopy Rusak, SMA 5 Pakai Soal SMA Tetangga

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA, BB – SMA Negeri 5 Bulukumba, kecamatan Kajang bakal menggunakan soal UN SMA terdekat dari kecamatan Bontobahari untuk mata pelajaran Biologi.

Hal tersebut dilakukan lantaran sekolah yang dulunya bernama SMA 1 Kajang ini tidak mendapat paket soal UN tahun 2013 ini.

Bacaan Lainnya

Adapun solusi pertama dengan fotocopy tidak maksimal. Pihak Panitia sekolah, pengawas dan keamanan telah berusaha maksimal menggandakan soal sejak Rabu Malam hingga Kamis pagi tadi di Polres Bulukumba. Namun belum cukup untuk hari pertama lantaran mesin fotocopy mengalami kerusakan.

BACA JUGA:   Pengumuman UN SMP 2013: Siswa Bulukumba Tolak Kenakan Gamis

“Panitia sepakat tetap melaksanakan Ujian mata pelajaran biologi di SMA 5 Kajang menggunakan soal dari SMA Bontobahari yang terdekat,”kata seorang anggota Polres yang ikut menyaksikan proses pengandaan hingga pagi hari tadi.

Peserta UN di SMA 5 Kajang sebanyak 253 siswa. Ujian Nasional untuk mata pelajaran kedua seperti Biologi, akan ditunda beberapa jam menunggu soal dari SMA lain yang terdekat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharaga (Dikpora) Bulukumba, Andi Akbar Amier membenarkan penggandaan soal dengan cara fotocopy. Menurut Akbar Amier, pihaknya telah melakukan komunikasi dan konfirmasi dengan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) di Jakarta soal penggandaan soal tersebut.

“Kita (dinas Pendidikan) sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk penggandaan soal di Bulukumba. Kemarin kami melakukan teleconference,” kata Akbar Amier kepada beritaBulukumba.com Kamis siang.

BACA JUGA:   200 Paket Soal UN Biologi Difotocopy di SMA 2

Terkait penggunaan soal dari SMA Bontobahari, pihaknya mengaku baru akan membicarakan dengan panitia, pengawas dan pihak keamanan di Bulukumba. Menurut Akbar Amier, waktu penggandaan soal untuk SMA 5 Bulukumba memang sangat mepet.

“Kita semua kerja keras karena dikejar waktu. Saya tinggalkan Polres tadi subuh masih proses penggandaan soal dengan mesin fotocopy,”katanya.

Sementara itu, hingga pagi tadi 10 ruangan ujian di SMA 2 Bulukumba juga masih kekurangan soal biologi. Pihak panitia yang dikawal petugas keamanan melakukan penggandaan soal dengan cara fotocopy.

“Ujian nasional ini berjalan kurang lancar. Yang penting siswa harus ujian hari ini,”kata pengawas sekolah dari Unhas, Moh Ervinlaha, Kamis 18 April 2013.

BACA JUGA:   Daftar Peringkat UN 2013, Siswa Bali Juara Tingkat Nasional

Laporan: Cr8/Andi