Managua dihantam asteroid "2014 RC", hasilkan kawah 12 meter

  • Whatsapp

MANAGUA, BB – Pada Minggu (7/9/2014) terjadi sebuah ledakan misterius yang menimpa Managua yang padat, sebuah ibukota Nikaragua. Akibat ledakan misterius tersebut menciptakan sebuah kawah besar berukuran 12 meter.

Untungnya tidak ada warga yang cedera akibat peristiwa yang terjadi di dekat bandara internasional tersebut. Pemerintah setempat meyakini ledakan itu disebabkan oleh asteroid kecil yang dijuluki “2014 RC,” yang melintas sangat dekat dengan bumi pada hari Minggu. Para astronom memperkirakan asteroit itu berukuran sekitar 18 meter, atau seukuran rumah.

Pada tengah malam, Meteorit tersebut meluncur ke daerah berhutan dekat bandara. Hantamannya begitu besar sehingga tercatat pada instrumen yang digunakan oleh lembaga Strauss untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

BACA JUGA:   Film Pintu Harmonika Tayang 23 Mei 2013 - Trailer

Orang-orang yang tinggal di dekat kawah itu mengatakan kepada media setempat bahwa mereka mendengar suara ledakan. Mereka juga mengatakan adanya cairan, pasir dan debu yang membubung ke udara, dan mencium bau seperti sesuatu yang telah terbakar.

Badan Ruang Angkasa Amerika, NASA, sebelumnya mengatakan, asteroid sebesar rumah akan terbang melintas bumi pada Minggu kemarin. NASA mengatakan, asteroid yang disebut 2014 RC melintas di atas Selandia Baru pada pukul 18.18 GMT atau pukul 01.18 WIB. Asteroid sebesar 18 meter itu melintas sepanjang 40.000 kilometer dan tidak akan membahayakan bumi. Karena ukuran yang terlalu kecil, asteroid itu tidak dapat dilihat dengan mata telanjang seperti dikutip kompas.

BACA JUGA:   Pemukulan Pramugari: Zakaria Dikeluarkan Paksa dari Rumah Sakit

Pos terkait