Pesawat R80 rancangan terbaru BJ Habibie siap terbang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA, BB – Siapa yang tak kenal dengan tokoh bangsa Bacharuddin Jusuf Habibie? Pesawat rancangannya yang diberi nama R80 kini sudah siap untuk di uji coba.

Disebut pesawat regional 80 (R80) karena memiliki kapasitas 80 orang, akan melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada tahun 2017-2018 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Insya Allah 2017-2018 akan first flight sambil menunggu sertifikasi kelayakan udara. Saya dengar pemerintah Jabar sedang membuat Bandara Kertajati,” ujar Habibie pada Kamis (11/9/2014) seperti dikutip Merdeka.com.

Diharapkan R80 ini mampu melanjutkan kejayaan N250 yang pernah berjaya di era-1990an. Pesawat ini nantinya dapat dikendalikan secara elektronik atau dikenal istilah fly by wire. Selain itu R80 juga hemat energi.

Bukan hanya itu, baling-baling yang ada di sayap juga termasuk teknologi baru, karena dapat menentukan antara angin dingin dan angin panas yang dihasilkan dari mesin. Dengan teknologi ini pesawat dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Pesawat itu akan diproduksi PT Dirgantara Indonesia.

Sumber Foto: Int