Ini cara mendiamkan tangis bayi anda

  • Whatsapp

BERITABULUKUMBA.COM,- Banyak orang tua yang merasa kesal apabila bayinya rewel alias kerap menangis. Patut untuk para orang tua ketahui bahwa tidak selamanya bayi berlaku manis.

Adakalanya bayi rewel, menangis tanpa sebab. Apabila bayi anda mengalami kondisi demikian, anda tidak perlu panik atau khawatir, pilih cara ini untuk mendiamkan tangis bayi.

Bacaan Lainnya

Coba anda cek popok bayi anda, meskipun anda baru saja mengganti popok bayi anda, pada saat bayi anda menangis kemungkinan bayi anda sedang buang air besar. Apalagi bila bayi anda menggunakan popok kain.
Cobalah susui atau berikan susu kepada bayi anda, mungkin bayi anda lapar.
Perhatikan suhu kamar anda, kemungkinan bayi anda kepanasan atau kedinginan. Apabila dimakar, anda menggunakan Air conditioner (AC) stellah suhu yang pas yaitu 25-26 ºC.
Periksalah tubuh bayi anda, mungkin saja bayi anda digigit nyamuk atau semut. Jika ada bekas gigitan nyamuk atau serangga maka oleskanlah minyak kayu putih atau minyak telon.
Gunakanlah baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan pastikan ukurannya pas.
Cobalah gendong bayi anda. Penelitian menyebutkan bahwa gendongan memberi efek  menenangkan. Di dalam gendongan, posisi bayi sangat rapat dengan dada Anda sehingga ia dapat mendengar detak jantung bunda yang sudah akrab dikenalnya selama dalam kandungan.
Nyanyikanlah lagu berirama lembut untuk bayi anda. Percayalah seberapa burukpun kualitas suara anda, bayi anda akan tetap tenang mendengar senandung anda. Jadi sebagai seorang ibu anda tidak perlu malu bersenandung untuk bayi anda.
Putarlah lagu-lagu berirama lembut seperti musik-musik klasik atau suara alam, seperti air mengalir atau angin mendesau, menciptakan atmosfer tenang.
Ajaklah bayi anda bercerita. Bayi memang belum mengerti apa yang Anda ceritakan,, tapi dia bisa menikmati suara dan intonasi Anda saat membacakan cerita.
Pijat asyik. Mulai dari kaki, lanjutkan ke daerah tangan kemudian dada dan perut. Lakukan dengan gerakan seperti mengusap, ringan dan lembut. Gunakan baby oil. Pijat bayi bisa mengurangi kecemasan karena terjadi penurunan hormon adrenalin (hormon penyebab stres) dan melancarkan aliran darah.
Nyalakan vakum cleaner jika anda memilikinya di rumah. Suara yang dikeluarkan dari vakum cleaner dipercaya dapat menghentikan tangis bayi.

Jika 11 cara ini tak berhasil menenangkan bayi, letakkan bayi di dalam boksnya, lalu tinggalkan kamar. Sebelumnya, pastikan di dalam boksnya tidak ada benda-benda yang berisiko menimpa bayi dan menutupi jalan napasnya, seperti bantal besar, selimut atau mainan. Tarik napas dalam dan lakukan aktivitas yang bisa menghibur diri Anda, seperti mendengarkan musik. Namun, jangan biarkan bayi menangis sendiri lebih dari 15 menit. Menurut Dr. Penelope Leach, penulis buku Your Baby And Child: From Birth To Age Five, bayi yang stres dan dibiarkan menangis lama, berisiko mengalami masalah psikologis di kemudian hari, misalnya bisa mengalami kesulitan belajar.

Pos terkait