Pesawat antariksa India sukses masuki orbit Mars

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BANGALORE, BB – Kemajuan tekhnologi India patut dicontoh oleh negara-negara Asia lainnya. Pasalnya, pada Rabu (24/09/2014) pagi, pesawat antariksa India telah sukses memasuki orbit mars.

“Kita telah melampaui batas-batas kemampuan dan imajinasi manusia,” kata Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang menyaksikan langsung dari pusat Badan Luar Angkasa India di Bangalore. “Kita secara tepat telah menavigasikan pesawat melewati rute yang telah ditetapkan.”

Bacaan Lainnya

Setelah Mars Orbiter Mission, yang juga disebut Mangalyaan, mencapai orbit planet dan masuk dalam buku sejarah, seluruh staf dalam the Indian Space Research Organization bertepuk tangan dan bersorak gembira. Sebelumnya, hanya Amerika Serikat, Eropa dan Rusia yang sukses mengirim pesawat luar angkasa ke Mars.

BACA JUGA:   Gadis India ini nikahi anjing demi buang sial

“Kesempatan telah jatuh ke kami,” ucap Modi. “Dari 51 misi uji coba selama ini, hanya 21 yang berhasil. Tapi kita telah berhasil.”

India telah mencapai Mars dengan biaya relatif kecil sedikit, yakni USD74 juta. Sementara biaya yang dikeluarkan NASA untuk pesawat MAVEN mencapai USD671 juta. India menjadi satu-satunya negara Asia yang mencapai planet Mars. (CNN)

Sumber Foto: AFP/Manjunath Kiran

Pos terkait