Google berusia 16 tahun, sudah tahukah asal-usul kata "Google"

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Mesin pencari Google hari ini Sabtu 27 September 2014 genap berusia 16 tahun. Apakah anda sudah tahu asal-usul kata Google yang saat ini muncul sebagai Doodle di halaman utama.

Tak banyak yang tahu dari mana kata GOOGLE. Nama itu menjadi merek dagang paling terkenal saat ini. Hampir semua penguna internet setiap hari melihat atau mengetik kata itu. Pendiri Google, Larry dan Sergey, seperti ditulis pada halaman resminya, yang menamai mesin pencari buatannya dengan kata “Google”.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Wow, Monumen Nasional (Monas) Jadi Google Doodle 12 Juli 2015

Menurut situs tersebut, Google merupakan plesetan dari kata “googol”. Sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti dengan 100 nol. Adapun perusahaan Google atau Google Inc berdiri pada 1998. Saat itu pendiri bersama Sun, Andy Bechtolsheim, memberikan cek sebesar $100.000 kepada entitas tersebut—yang sebelumnya belum ada.

Google sendiri mulai diperkenalkan tahun 1995 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Kedua sosok jenius ini bertemu di Stanford University. Namun saat itu, Google masih bernama BackRub, yang menggunakan tautan untuk menentukan tingkat kepentingan masing-masing laman web.

Kini Google melebarkan sayap hingga sebagai salah satu perusahaan multimedia. Sejumlah anak perusahaan Google sukses menjadi pesaing baru dalam bidang aplikasi (Android), gadget hingga situs jejaring sosial (Google Plus). Sebelumnya, Google telah sukses merebut pangsa pasar situs penyedia konten video Youtube.

BACA JUGA:   Wow, Ultah 93 Rosalind Franklin di Orat-oret Google

Tak cuma itu, Google terus berkembang sebagai raksasa internet. Sejumlah layanan yang telah terlebih dulu sukses antara lain, Google Adsense (layanan iklan), Google Maps (Peta), Google Chrome (Browser).

Dalam perkembangannya Google di tahun 2013 mengumumkan adanya Mobil Google dan Google Glass.