Surabaya terapkan unas online 2017 mendatang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

SURABAYA, BB – Saat ini pemerintah sedang gencar sosialisasi unas online melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Targetnya 2017 mendatang unas online atau computer-based test (CBT) sudah bisa diterapkan.

Mahdiansyah, Peneliti Balitbang Kemendikbud menuturkan, unas saat ini masih menggunakan kertas dan pensil atau paper-based test (PBT). Jumlah butir soalnya pun tertentu. Nilainya juga dihitung secara manual. Semua berlangsung konvensional.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi dan pelatihan dihadiri kepala sekolah, perwakilan Kemenag, Dinas Pendidikan Surabaya, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.

BACA JUGA:   Waspada kunci jawaban palsu di FB jelang UN 2014

CBT dan CAT pun berbeda. CBT dikerjakan siswa dengan soal-soal yang telah ditentukan dan sama. Sementara itu, CAT mampu memilihkan soal-soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta ujian.

Mahdiansyah mengungkapkan keuntungan unas online salah satunya adalah biaya lebih murah. Sebab, pengadaannya tidak perlu tender. Oleh karena itu, Kemendikbud merancang unas online itu secara bertahap. Mahdiansyah telah mempersiapkan program aplikasi minites unas online bagi siswa maupun pendidik. Website-nya beralamat diminites.puspendik.org.

Pos terkait