Ultah Thor Heyerdahl ke-100 jadi doodle Google

  • Whatsapp

Sosok Thor Heyerdahl dikenang kembali oleh Google melalui sebuah doodle, Senin 6 Oktober 2014. Hari ini tepat 100 tahun kelahiran petualang dan etnolog asal Norwegia itu.

Memang, Thor Heyerdahl menghirup udara dunia pertama kali tepat 6 Oktober 1914 di Larvik, Norwegia. Ia terkenal sebagai petualang sejati. Sejarah mencatat bahwa Thor Heyerdahl berlayar pada sebuah ekspedisi ilmiah menggunakan rakit yang dikenal dengan nama Kon-Tiki pada tahun 1947.

Petualangan itu dilakoninya tahun 1936. Ia melintasi samudera hingga di kepulauan Pasifik Fatu Hiva. Berkat rakit Kon-Tiki ia mampu berlayar dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947. Tahun 1953, Heyerdahl menjadi leader ekspedisi arkeologi ke Kepulauan Galapagos.

BACA JUGA:   Cody Simpson bintang tamu Top 12 Rising Star Indonesia malam ini

Dua tahun kemudian, ia melakukan perjalanan ke Pulau Paskah. Thor Heyerdahl juga meneliti piramida di Peru dan Kepulauan Canary. Kisah petualangan Thor Heyerdahl dibukukan dengan penjualan yang fantastis di dunia. Bukan cuma itu, kisah petualangan Thor Heyerdahl juga hadir di layar lebar denga judul film “Kon-Tiki”. Thor Heyerdahl tutup usia di Colla Micheri, Italia, 18 April 2002.

Biodata/Profil singkat:
Lahir 6 Oktober 1914 Larvik, Norwegia
Meninggal 18 April 2002 (umur 87) Colla Micheri, Italia
Kebangsaan Norwegia
Bidang Etnografi Petualangan
Alma mater Universitas Oslo
Pembimbing doktoral Kristine Bonnevie dan Hjalmar Broch

Pos terkait