Niki de Saint Phalle, seniman yang tewas saat berkarya

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Niki de Saint Phalle, seniman kenamaan Perancis hari ini, Rabu 29 Oktober 2014 menjadi doodle di Google. Hari ini adalah ulang tahun ke-84 perempuan yang ahli dalam membuat patung, lukisan dan film itu. Ia tewas karena menghirup racun saat pengerjaan karya seni.

Hasil karya seni perempuan kelahiran Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seinev ini sudah tak terhitung jumlahnya. Niki de Saint Phalle tumbuh dan besar di kota New York, Amerika Serikat. Karya Niki de Saint Phalle paling terkenal adalah “Shooting Paintings” yang dibuat tahun 1960-an. Hasil karya ini berupa potongan-potongan kantong plastik dalam bentuk manusia yang ditutup dengan plester putih. Niki de Saint Phalle membentuk karyanya tersebut dengan cara “menembak” potongan-potongan kantong plastik itu dengan cat lukis yang menghasilkan perpaduan warna dan rupa yang indah.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Biodata Mario Miranda, Kartunis yang Sukses dari 'Coretan Dinding'

Sejumlah boneka perempuan dengan berbagai model juga dibuatnya. Ukuran dan karakter boneka ala Niki de Saint Phalle juga beragam seperti boneka pengantin wanita, ibu melahirkan, bocah perempuan, dan lain sebagainya. Semua boneka perempuan ini dicat putih dan menuai banyak pujian saat dipamerkan di berbagai tempat.

Masih banyak karya seni yang tercipta dari tangan dan kreasi seorang Niki de Saint Phalle, baik lukisan, patung, maupun film. Niki de Saint Phalle meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2002 di California, Amerika Serikat. Ia tewas karena menghirup asap beracun di tengah pengerjaan karya seninya.

Pos terkait