Video: Google peringati 25 tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Hari ini sejumlah negara ikut merayakan peristiwa Runtuhnya Tembok Berlin yang ke-25 tahun. Tak terkecuali mesin telusur terbesar Google yang mempersembahkan doodle spesial untuk hari Runtuhnya Tembok Berlin.

Pada halaman utama Google, baik Google Indonesia maupun secara Global menampilkan video singkat bertemakan Runtuhnya Tembok Berlin. Di awali dengan gambar proses peruntuhan tembok hingga aksi sosial memperingati hari Runtuhnya Tembok Berlin di sejumlah kota besar. Seperti di Kota Berlin, Manchester, Madrid, dan sejumlah kota lain di Asia, Eropa dan Amerika.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Hari Pertama Paralimpiade 2016 Jadi Google Doodle, Apa Itu?

Tembok ini mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Tembok Berlin dalam bahasa Jerman Berliner Mauer merupakan sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur. Tembok ini sebagai simbol pemerintahan komunis di Jerman Timur.

Tembok Berlin disebut juga “Benteng Proteksi Anti-Fasis”. Sementara pemerintah Kota Jerman Barat kadang-kadang mengatakan Tembok Berlin sebagai “Tembok Memalukan”.

Runtuhnya Tembok Berlin berawal dari perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur tahun 1989. Setelah kerusuhan sipil selama beberapa minggu, pemerintah Jerman Timur mengumumkan tanggal 9 November 1989 bahwa rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat. Maka, kerumunan orang Jerman Timur pun menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan. Beberapa minggu setelahnya, euforia publik dan pemburu souvenir akhirnya meretakkan bagian-bagian tembok itu. Nantinya, sebagian besar tembok ini dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat. Kejatuhan dari Tembok Berlin membuka jalan terbentuknya Reunifikasi Jerman, 3 Oktober 1990.

Pos terkait