Ini foto drama pendaratan Philae di nukleus komet

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Pendaratan terkendali pertama di nukleus komet. Kejadian ini juga diperingati situs Google dengan doodle khusus untuk detik-detik menegangkan itu.

Robot pendarat Philae milik Badan Antariksa Eropa (ESA) berhasil mendarat di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Pendaratan tersebut mengukir sejarah baru di dunia antariksa. Pendaratan itu juga menjadi yang pertama di nukleus komet dalam sejarah eksplorasi antariksa.

Philae melaporkan foto-foto jelang robot itu mendarat. Tak ketinggalan pesawat induk ruang angkasa Philae, Rosetta, juga mengunggah foto resolusi tinggi dari dekat komet yang dianggap penting bagi penyemaian kehidupan awal di bumi. Foto-foto itu diunggah dalam akun Twitter @Philae2014.

Melansir Space, Kamis 13 November 2014, memang gambar pertama yang dikirimkan Philae tampak agak buram. Foto itu menunjukkan robot pendarat itu telah sukses memisahkan diri dari pesawat orbit Rosetta.

Salah satu panel surya Rosetta dapat terlihat sesaat Philae terpisah dan menuju tubuh komet. Foto ini diambil dengan menggunakan instrumen CIVA pada Philae