Mengatasi problem login “Update Needed” di OS X Yosemite

oleh

Apakah anda telah mengupdate macbook apple anda ke OS X Yosemite?. Jika berjalan mulus maka fitur terbaru sistem operasi terbaru Apple itu pasti sudah anda nikmati.

Namun, tak sedikit dari pengguna Apple terutama pemilik Macbook Pro yang menemui masalah. Terbanyak saat reboot pertama kali atau setiap menghidupkan macbook. Pada layar (screen) login muncul dua pilihan yakni login dengan “Update Needed” dan User.

Saat login menggunakan Update needed, proses memakan waktu beberapa detik bahkan hinge menit. Tentu ini membuat pekerjaan sedikit menghambat lantara proses menunggu hingga halaman utama desktop OS X Yosemite anda terbuka. Parahnya lagi, ini terjadi setiap anda menyalakan laptop.

Hal tersebut merupakan akibat dari pengaktifan fitur keamanan FileVault. Sehingga setiap menyalakan laptop maka akan melakukan

Iklan
pengecekan file. Sehingga tulisan “update needed” muncul di halaman login.

Sebagian orang membutuhkan fitur keamanan seperti ini. Namun adapula yang menganggap masalah. Jika hal itu memberatkan bagi anda maka silahkan menonaktifkan fitur FileVault. Caranya, masuk dulu ke System Preferences, lalu Security & Privacy. Tekan Turn Off FileVault. Anda juga diminta login menggunakan admin macbook untuk bisa melakukan perubahan. Klik The Lock (Tanda kunci) di bagian kiri bawah. Baru Turn Off FileVault bisa berfungsi.

Butuh waktu lama agar FileVault dapat berubah karena proses Encrypting untuk sejumlah berkas di hardisk. Sekira 1-2 jam. Namun anda dapat menunggu sambil melakukan aktivitas lain. JIka selesai, maka restart macbook anda kembali. Semoga sukses.

Iklan