Imbauan Gamawan Fauzi, Pelaksanaan Pilkada 2014 Ditunda

oleh

JAKARTA, BB – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi telah menandatangani surat edaran penundaan pemilihan kepala daerah di beberapa daerah di Indonesia yang rencananya digelar pada 2014.

Adapun surat edaran tersebut berisi imbauan agar kepala daerah di tingkat gubernur, walikota dan bupati untuk menyesuaikan jadwal jika di daerahnya ada jadwal pilkada pada 2014.

Loading...

Menurut  Gamawan Fauzi, pertimbangan utama karena tahun 2014 akan digelar pesta demokrasi besar-besaran untuk pemilihan umum anggota legislatif dan presiden.

“Masyarakat Indonesia menggelar dua kali pemilihan umum. Pada 9 April 2014 pemilu legislatif dan pilpres pada 9 Juli 2014,”ujarnya.

”Pertimbangannya agar tidak repot, karena tahun depan ada dua pemilu,” katanya.

Imbauan itu, menurut Menteri Gamawan, memang bersifat tidak mengikat. Berdasarkan data Kementerian, dilansir tempo.co, hampir semua kepala daerah di 43 daerah yang seyogiyanya melaksanakan pilkada tahun depan.

Masa jabatan sejumlah kepala daerah habis sebelum Juli 2014. Untuk mengatasi kekosongan kekuasaan, pemerintah akan mengisinya dengan pejabat sementara.

Gamawan mempersilakan jika komisi pemilihan umum di daerah mampu menjalankan tiga pemilu dalam setahun. Dia mencontohkan, Provinsi Lampung berkeras melaksanakan pilkada pada 2014.

”Karena KPU-nya sudah menyanggupi, saya persilakan,” kata dia. Sedangkan 40 daerah telah dikoordinasi dan sepakat untuk menyesuaikan jadwal pilkada di daerah masing-masing.

Laporan: CR2/Praga Utama

Loading...