Penjualan Samsung Naik, Apple Turun di Kuartal I 2013

oleh

Penjualan ponsel cerdas milik perusahaan asal Korea Selatan, Samsung mengalami peningkatan pada kuartal pertama tahun 2013.

Samsung seperti dilaporkan Strategy Analytics menguasai 33 persen pangsa pasar smartphone dunia. Data ini juga mengalami peningkatan dibanding tahun 2012 lalu yang hanya 29 persen.

Loading...

Sementara itu, saingan terberat Samsung, Apple mengalami menurunan pada kurung waktu yang sama. Laporan Strategy Analytics diberitakan Wall Street Journal, menyatakan smartphone iPhone secara global turun 18 persen pada kuartal pertama tahun 2013.

Tahun 2012 lalu Apple menguasai 23% pangsa pasar global produk smartphone. Laporan juga mencatat pengiriman produk Apple berada di tingkat terendah sepanjang sejarah perusahaan tersebut.

Untuk pengiriman smartphone Samsung secara global naik 56% mencapai rekor 69,4 juta unit dalam Kuartal I, sementara Apple tumbuh 7% menjadi 37,4 juta unit — tingkat pertumbuhan terendah sepanjang masa.

LG Electronics Inc. menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, dengan pangsa pasar naik dari 3,2% menjadi 4,9 persen. Sementara Huawei menempati posisi keempat dengan pangsa 4,8%, dibanding 3,3% pada tahun sebelumnya.

Sumber mengatakan Apple saat ini sedang bekerja dengan rekan manufaktur di Asia untuk mengeluarkan iPhone dengan harga lebih terjangkau, yang kemungkinan diluncurkan paruh kedua tahun ini.

Laporan: CR10/Jhe

Loading...