Peragaan TV Mekanik (Mechanical Television) Pertama Dirayakan Google

oleh

JAKARTA,BB – Mesin pencari raksasa Google hari ini Rabu 25 Maret 2015 mengangkat Doodle tentang sejarah peragaan televisi mekanik atau mechanical television untuk pertama kalinya. Sekitar tahun 1920-an John Logie Baird melakukan berbagai percobaan penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya menggunakan cakram.

Penemu asal Skotlandia itu akhirnya berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925. Kemudian mampu memperlihatkan gambar bergerak monokrom pada tahun 1926.

Loading...

Cakram pemindai Baird mampu menghasilkan gambar beresolusi 30 baris (cukup untuk memperlihatkan wajah manusia) dari lensa dengan spiral ganda. Peragaan oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama, sekalipun televisi mekanik tidak lagi digunakan saat ini.

Pada 1926, seorang insinyur Hungaria, Kálmán Tihanyi, merancang sistem televisi dengan perangkat pemindaian dan tampilan yang sepenuhnya elektronik, dan menggunakan prinsip “penyimpanan isi” di dalam tabung pemindai (atau “kamera”). Namun saat ini, televisi sudah beralih ke era digital. (Foto By Blog Mechanical Television)

Loading...