FB Sukses Ujicoba Pesawat Tanpa Awak

oleh

LONDON,BB – Pesawat tanpa awak atau drone milik FB sukses mengudara. Pesawat yang bertujuan melancarkan misi koneksi internet ini bakal berkeliling dunia untuk memancarkan jaringan internet.

Ini adalah kesuksesan FB yang pertama dalam ujicoba drone. Drone milik FB ini ternyata memiliki bentang sayap yang menyamai ukuran sayap pesawat Boeing seri 767. Boeing 767 memiliki ukuran sayap 47,6 meter. “Drone dapat melayani 10 persen populasi dunia yang selama ini hidup tanpa infrastruktur Internet,” sebagaimana ditulis Chief Executive Officer Facebook Mark Zuckerberg di laman akun Facebooknya, Kamis, 26 Maret 2015.

Loading...

Drone berkode Aquilla ini berjalan berkat solarcell atau tenaga surya dan mampu mencapai ketinggian hingga 90 ribu kaki.

FB tak sendirian untuk misi drone. Facebook bekerja sama dengan sejumlah pihak, antara lain penyedia jaringan dan operator telekomunikasi. Perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California, ini juga tengah memperkuat sistem keamanan dan komunikasi dengan stasiun pengendali di darat.

“Kami harus benar-benar memperhatikan uji coba karena pesawat ini memiliki ukuran sangat besar,” kata Vice President of Engineering Facebook Jay Parikh, seperti dilansir situs Wall Street Journal. Dia mengatakan uji coba kedua bakal dilaksanakan musim panas mendatang.

Adapun tenaga baterai yang digunakan bakal ditingkatkan kapasitasnya. “Baterai yang tersedia belum cukup baik untuk digunakan pada waktu-waktu mendatang,” ucap Parikh

Loading...