Bantaeng Berpeluang Raih Piala Adipura Kencana 2015

oleh

BANTAENG,BB – Penghargaan tertinggi lingkungan hidup berupa Piala Adipura Kencana berpeluang diraih Bantaeng, Sulsel. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia berharap Kabupaten Bantaeng bisa meraih Piala Adipura Kencana tahun 2015.

Loading...

“Saya berharap, tahun ini Bantaeng sudah bisa meraih Piala Adipura Kencana,”kata Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Sulawesi dan Maluku (SUMA), Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Darhamsyah pada sosialisasi Adipura di ruang pola kantor Bupati Bantaeng, Selasa (21/4).

Darmansyah mengaku mengapresiasi penuh integritas dan konsistensi Kabupaten Bantaeng dalam menjaga kebersihan dan keindahan kotanya. Karena itu, saya berharap tahun ini Bantaeng sudah bisa meraih Piala Adipura Kencana, ungkapnya.

Untuk meraih hal itu, penting harus dibenahi adalah pengelolaan persampahan. ‘’Bagaimana mengelola Tempat Pembuangan Sampah (TPA) agar sampah tidak bertumpuk lama,’’ ujarnya.

Selain itu, sampah tersebut dapat didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat, tambahnya pada sosialisasi yang dibuka Wakil Bupati H Muhammad Yasin. 

Muhammad Yasin mengatakan, sejak daerah ini dipimpin Bupati HM Nurdin Abdullah tahun 2008,  Bantaeng telah mencatatkan diri sebagai pemegang Piala Adipura sebanyak 4 kali berturut-turut, ditambah Sertifikat Adipura pada tahun 2009 untuk kategori kota kecil.

Sejak awal kepemimpinan tersebut, kawasan perkotaan ditata sedemikian rupa dengan melakukan berbagai inovasi yang mengarah pada upaya menampilkan kesejukan.

Menurut Wakil Bupati H Muhammad Yasin,  Piala Adipura bukan tujuan utama yang harus dikejar. Tapi bagaimana kita menghadirkan suasana yang bersih, sehat, indah dan sejuk untuk bisa dinikmati seluruh warga.

Dengan begitu, orang-orang yang berkunjung ke daerah ini akan merasa senang. ‘’Tidak salah, Bantaeng kini banyak mendapat kunjungan dari  berbagai Kabupaten/Kota untuk menimba ilmu, termasuk yang terkait dengan keberhasilan masyarakat dan pemerintah meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini, seluruh stakeholder dibawah koordinasi Bapedalda Kabupaten Bantaeng dapat lebih meningkatkan upaya dalam menghadirkan kota yang bersih, sehat dan indah.(PR)

Loading...