Google Rayakan Hari Buruh (May Day) 2016

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

May Day 2016 in Google Doodle
May Day 2016 in Google Doodle

JAKARTA,BB – Google turut memperingati Hari Buruh Internasional hari ini Minggu 1 Mei 2016. Di Indonesia, Hari Buruh dihiasi dengan unjuk rasa ribuan buruh terutama di Ibukota Jakarta.

Situs sosial media seperti FB dan Twitter juga diisi dengan status ucapan selamat Hari Buruh Sedunia untuk tahun 2016. Hari Buruh 1 Mei 2016 bertepatan dengan hari libur atau hari minggu. Memang May Day resmi dijadikan sebagai hari libur nasional Indonesia sejak 2014. Sudah rutinitas setiap hari buruh, sejumlah elemen warga turun ke jalan.

Pada intinya momen ini dijadikan sebagai waktu untuk menuntut kesejahteraan bagi pekerja. Hari Buruh pada Orde Lama juga diliburkan. Sedangkan masa Orde Baru, Hari Buruh ditiadakan karena disebut sebagai pergerakan komunis. Tahun ini, buruh di seluruh Indonesia turun ke jalan. Ada juga yang mengagendakan pada hari Senin 2 Mei 2016 besok.

Sejarah Hari Buruh:
Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions untuk, selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872, menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

  • Whatsapp