Ultah Ki Hadjar Dewantara Diperingati Google Indonesia

oleh

Ki Hadjar Dewantara di home Google.co.id
Ki Hadjar Dewantara di home Google.co.id

JAKARTA,BB – Halaman muka Google Indonesia (google.co.id) hari ini memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Hari lahirnya tanggal 2 Mei juga diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) RI. Ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional pun membanjiri situs FB dan Twitter.

Di halaman Google hari ini menurunkan doodle dengan gambar Ki Hadjar Dewantara sebagai pengganti huruf ‘O” di logonya. Ki Hadjar Dewantara pada doodle itu tampak memegang sebuah buku yang terbuka. Sampul buku yang dibuka berwarna kuning sebagaimana warna huruf “O” yang biasanya melekat di logo Google yang berwarna warni itu.

Loading...

Jika mengelik logo, maka pengguna internet akan diarahkan ke pencarian “Ki Hadjar Dewantara” Bapak Pendidikan Nasional. Sementara di sosial media, ucapan Hardiknas terus menghiasi status pengguna. Pengguna FB dan Twitter berlomba menulis status Hardiknas. Tak sedikit masih miris dengan perkembangan pendidikan yang tidak merata. “Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga pemerintah membuka mata dan hati untuk memberikan hak pendidikan layak untuk semua warga Indonesia,”tulis Ikhwan di FB, Sabtu 2 Mei 2015.

Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dan menghembuskan napas terakhir 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Memang dia dikenal sebagai Bapak Pendidikan nasional Indonesia. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

“Tut wuri handayani” merupakan salah satu semboyan pendidikan hasil ciptaanya. Kalimat ini pun dijadikan slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Ki Hadjar Dewantara dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959.

Loading...