Bartolomeo Cristofori Penemu Piano Ultah di Google

  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Hari lahir penemu piano Bartolomeo Cristofori, kini dirayakan Google Senin 4 Mei 2015. Google membuat doodle tersendiri dengan gambar animasi Bartolomeo Cristofori di halaman utama mesin pencarinya.

Meski ada yang tak setuju bahwa ia penemu pertama piano, namun sebagian besar orang di masanya memilihnya. Cristofori memperdalam ilmu musik dengan cara “mengabdi” pada Nikolo Amati, seorang pembuat biola terkenal pada waktu itu.

Di usia 33 tahun Cristofori bergabung bersama Prince Ferdinando de Medici, seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Barulah pada tahun 1700 Cristofori membuat alat musik yang saat ini disebut piano. Alat musik temuan Cristofori ini memiliki suara 4 oktaf. Sebagai alat musik baru, piano saat itu digambarkan sebagai gravecembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Selanjutnya disebut sebagai pianoforte lalu dipersingkat menjadi piano hingga saat ini.

BACA JUGA:   Santi Bandung Turun Panggung, Jumat 16 Oktober 2015 di Bintang Pantura 2

Cristofori wafat 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Tiga piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (buatan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726).

  • Whatsapp

Pos terkait