Ciri-ciri Beras Plastik (Palsu) dan Perbedaan dengan Beras Asli

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Negara ini dipusingkan dengan temuan beras yang diduga kuat palsu dan terbuat dari plastik. Meski belum ada hasil lab resmi dari pemerintah, namun PT Succofindo memastikan beras yang ditemukan di Bekasi, Jawa Barat terbukti mengandung Polyvinyl Chloride, yaitu bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan pipa.

Bagaimana cara mengenali ciri-ciri beras plastik?. Dan apa pula perbedaaanya dengan beras asli. Terdapat beberapa ciri-ciri utama beras plastik. Seperti warna yang bening bersih. Sementara beras asli memiliki guratan.
 
Ciri-ciri lain beras plastik adalah mudah patah. Besar beras plastik juga rata sedangkan beras asli sedikit gemuk dan terlihat pengapuran hasil karbohidrat, serta tak mudah dipatahkan. “Kita segera sosialisasikan ciri-ciri beras plastik,”kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di kantor Wali Kota, Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Kamis (21/5/2015).

PT Succofindo melakukan uji laboratorium dari sampel beras milik Dewi Septiani, penjual bubur di Perumahan mutiara Gading Timur dan beras di toko milik Sembiring. Beras juga mengandung plastiser plastik seperti Benxyl Butyl Phtalate (BBT), Bis 2-ethylhexyl Phtalate (DEHP), dan Diisononyl Phtalate (DNIP). Bahan ini berfungsi untuk melembutkan pipa.
[table]
Beras Plastik, Beras Asli
Bening Bersih,Memiliki Guratan
Tanpa Ujung Putih,Ujung Putih
Air Bening Jika Direndam, Air Putih Jika Direndam
Bau Plastik Jika Dibakar, Bau Beras
Bau Hambar,Bau Khas Beras
Mudah Patah,Lebih Keras
[/table]