Berani! Rusia Ancam Blokir FB, Twitter dan Google

oleh

MOSKOW,BB – Ancaman keras dikirim Badan pengawas media Rusia, Roskomnadzor, kepada tiga situs besar seperti FB, Twitter dan Google. Roskomnadzor memperingati ketiga situs tersebut agar mematuhi aturan internet di Rusia.

Awal muasal ancaman karena ketiga situs ini menyiarkan konten artikel tentang kritikan kepada presiden Putin. Menurut surat tersebut semua artikel harus melewati proses pensensoran oleh pemerintah Rusia.

“Dalam surat kami, kami secara rutin mengingatkan pihak perusahaan bahwa jika mereka melanggar aturan yang ada, maka mereka harus bersiap menanggung konsekuensinya,” kata Vadim Ampelonsky, Juru bicara Roskomnadzor Kamis 21 Mei 2015.

Salah satu hal yang diminta pemerintah Rusia adalah agar FB, Twitter dan Google menyerahkan data tentang blogger asal Rusia yang memiliki jumlah pembaca lebih dari 3.000 orang dan memblokir situs tersebut jika isinya dapat menyebabkan “kerusuhan yang tidak perlu.

Putin, yang merupakan mantan mata-mata KGB, pernah mengatakan bahwa internet adalah proyek milik CIA. Hal ini menunjukkan ketidakpercayaan antara pemerintah Rusia dan pemerintah AS. Sekarang ini, hubungan di antara keduanya memang kurang baik. (Reuters)