Pesawat Kargo Terbakar di Wamena (Kronologi)

oleh

WAMENA,BB – Sebuah pesawat kargo terbakar di Bandara Wamena Rabu siang 8 Mei 2013 sekira pukul 11.30 WIT. Dilaporkan seorang petugas bongkar muat menderita luka bakar di lengan kanan sehingga dilarikan ke RSUD Wamena.

Sementara itu, separuh badan pesawat bernomor registrasi PK YKC tersebut hangus.

Loading...

Penyebab kebakaran diduga akibat kelalaian pekerja bongkar muat barang yang menjatuhkan drum berisi BBM. Drum lalu meledak dan menimbulkan percikan api hingga menjalar ke badan pesawat.

Selain BBM, pesawat jenis BAE 200 GT milik Nusantara Air Charter (NAC) tersebut juga mengangkut bahan campuran lainnya dari Sentani, Kabupaten Jayapura, menuju Wamena.

Dua unit pemadam kebakaran Bandara Wamena butuh waktu dua jam untuk memadamkam api. Pihak bandara menutup aktivitas penerbangan hingga proses evakuasi selesai.

Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, John Rettob, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, pesawat kargo ini terbakar karena percikan api dari ledakan drum bahan bakar minyak yang sudah diturunkan dari pesawat.

“Pesawat kargo ini, sehari-hari melayani penerbangan kargo dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura ke Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya,”katanya.

Kronologi Kebakaran pesawat kargo BAE 146-200 GT beregistrasi PK YKC:
Pukul 11.40 WIT pesawat mendarat di Bandara Wamena dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Pesawat membawa Bama dan BBM.
Pukul 11.41 WIT, pesawat menuju apron 2 kargo.

Pukul 11.42 WIT, pesawat parkir di samping pesawat RPX.
Pukul 11.43 WIT, pesawat mulai unloading. Drum BBM jatuh saat diturunkan dan meledak mengeluarkan percikan api.
Pukul 11.44. WIT, Kapten pilot dan kopilot yang mengetahui langsung menyelamatkan diri.  Termasuk petugas ground handling juga menjauhi lokasi.

Laporan: Cr12/Jul

Loading...