Ini Poin Isi Sanksi FIFA untuk PSSI, Hak Keanggotaan Hilang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Persib by AFC

Persib by AFC

JAKARTA,BB – Isu sanksi FIFA akhirnya terjadi. PSSI mendapat surat yang berisi sanksi FIFA Sabtu 30 Mei 2015.

Sebagai inti dari saksi tersebut berisi sanksi berupa kehilangan hak keanggotaan di FIFA. Tentu saja dampaknya pada klub dan timnas Indonesia. Termasuk pada laga dan turnamen AFC yang merupakan anak dari FIFA untuk Asia.

Seperti diketahui, dua klub Indonesia seperti Persipura dan Persib Bandung saat ini bertanding di AFC Cup. Persib sudah gugur di 16 besar, sedangkan laga Persipura masih tertunda hingga sanksi ini keluar.

Dalam surat FIFA yang ditandatangani Sekjen Jerome Valcke, hasil emergency meeting Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015), disebutkan beberapa konsekuensi dari hukuman tersebut buat Indonesia, yaitu:

– PSSI kehilangan hak-haknya sebagai anggota FIFA. (Statuta FIFA Pasal 12 ayat 1).

– Semua tim sepakbola Indonesia (tim nasional maupun klub-klubnya) dilarang berhubungan keolahragaan dengan anggota FIFA yang lain (termasuk AFC), termasuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA dan AFC. (Statuta FIFA Pasal 14 ayat 3).

– PSSI dan offisialnya tidak memperoleh hak terkait program-program pengembangan FIFA, dan juga pelatihan-pelatihan, selama masa hukuman.

Hanya saja FIFA memberi pengecualian terkait partisipasi event internasional. Disebutkan bahwa Indonesia masih bisa mengikuti SEA Games 2015 di Singapura sampai selesai.

  • Whatsapp