Sedang Marak di FB dan Twitter, Ibadah Malam Nisfu Syaban Tak Perlu Dipamer

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Umat muslim malam ini sebagian memperingati malam tengah bulan Syaban atau Nisfu Sya’ban. Nisfu Syaban pun sedang heboh di jejaring sosial seperti FB, Twitter dan BlackBerry Messenger (BBM).

Bacaan Lainnya

Lalu apakah malam Nisfu Syaban wajib diisi dengan ibadah tertentu. Malam Nisfu Syaban boleh saja diisi dengan ibadah seperti mengaji, zikir. Hanya saja ibadah di malam Nisfu Syaban tak memiliki dalil atau tuntunan.

Nisfu Syaban adalah pertengahan bulan Syaban pada kalender Hijriah. Pada bulan ini umat muslim bersiap menyambut kedatangan bulan puasa yang tinggal setengah bulan lagi. Tanggal 14 bulan Syaban tepat pada 2 Juni 2015 atau esok hari, sehingga malam Nisfu Syaban diperingati malam ini.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Seni dan Budaya Cholil Ridwan menganjurkan umat muslim tidak melakukan ritual atau acara khusus pada malam Nisfu Syaban. Alasannya, seremoni seperti pengajian malam setengah bulan Syaban tidak ada tuntunannya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Umum Muhammadiyah Abdul Malik Fadjar. Sebaiknya kata dia, umat muslim memperingati Nisfu Syaban dengan ibadah yang tidak dipamerkan. “Ada yang memaknai sebagai dakwah, namun jangan ditonjolkan,”katanya.

  • Whatsapp