Tips dan Cara Berbuka Puasa ala Nabi Muhammad SAW

Advertisement

MAKASSAR,BB – Selamat menjalankan ibadah puasa pertama hari ini, 1 Ramadhan 1436 Hijriah atau 18 Juni 2015 Masehi. Tak ada salahnya berbagi tips berbuka puasa di awal Ramadhan ini.

Kala waktu mulai beranjak sore maka banyak pertanyaan yang muncul di benak kita, khususnya ibu-ibu soal buka puasa. Terutama menu atau hidangan yang akan disajikan untuk keluarga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Menu apakah untuk berbuka puasa hari ini?. Tentunya yang bagus, sehat dan tetap sesuai contoh dalam agama Islam. Nah berikut penjelasan dai muda Ustad ikhwan Bahar seputar buka puasa:

1.Berbuka (Ifthar) Sebelum Sholat Maghrib:
Tiga perkara yang merupakan akhlak para nabi: menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam shalat. (HR. Ath-Thabarani, hadist Mauquf)

2.Buka Puasa Dengan Kurma dan Air
Adalah Rasulullah SAW berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air. (HR. Ahmad, Abu Daud, Baihaqi, Hakim, Ibnu Sunni, Nasai, Daruquthni dan lainnya)

Advertisement

3.Sebaiknya berbuka dengan Kurma dengan bilangan ganjil: 1, 3 atau 5 dan seterusnya. Jika tidak apa saja yang ada. Sebaiknya menyantap makanan berat seperti nasi dilakukan setelah sholat Magrib.

4.Ingat, perbanyaklah berdoa Ketika Puasa & Berdoa Ketika Berbuka Puasa.

Berdoa ketika berbuka puasa merupakan salah satu doa Mustajab, seperti banyak disebut dalam hadist-hadist. Antara lain: Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya, orang yang puasa ketika berbuka, Imam yang adil dan doanya orang yang didhalimi. (HR. Tirmidzi, Ibn Majah, dan Ibnu Hibban)

Apalagi detik-detik menjelang berbuka, Insya ALLAH do’anya Mustajab. Maka perbanyaklah berdoa…!

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar