Puncak Gerhana Matahari Mulai Pukul 6.35 Pagi Ini

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Jika tidak ada awan pada Jumat pagi 10 Mei 2013, maka warga Bulukumba dapat melihat fenomena alam berupa gerhana Matahari.

Menurut rilis BMKG Pusat, Gerhana Matahari Sebagian (GMS) bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara.

Bacaan Lainnya

Artinya warga yang bermukim di Kabupaten Bulukumba juga bisa ikut melihat fenomena alam tersebut. Sesuai prakiraan BMKG, GMS bisa dilihat di Sulsel (termasuk Bulukumba) mulai pukul 6.35 Wita.

BACA JUGA:   Foto Gerhana Matahari Beredar di Twitter

Pada waktu itu GMS sudah mencapai puncaknya. Adapun fase awal pembentukan gerhana tidak dapat diliat di Sulsel. Namun GMS akan tampak pada fase puncak hingga fase gerhana berakhir pukul 7.37 WITA.

Seperti diberitakan sebelumnya, fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) diamati di Samudra Pasifik dan Australia pada 9 Mei. Sedangkan di Indonesia dapat mengamati Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 10 mei 2013.

Khusus di Indonesia awal gerhana mulai bisa diamati Jumat pagi 10 Mei 2013 pukul 05.50 Wita di Manado, menyusul Kupang, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke, dan Jayapura.

Puncak gerhana diprediksi mulai tampak dan dapat diamati di Surabaya pukul 05.33 WIB, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke, dan Jayapura.

BACA JUGA:   Warga Makassar Melihat "Gerhana Awan"

Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat di Padang pukul 6.12 WIB, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, serta Makassar.

Laporan: Cr6/Rina