Kadar Takaran dan Ukuran Zakat Fitrah Satu Orang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

image

Berapa kadar, takaran atau ukuran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan setiap satu orang muslim. NAH pertanyaan diatas akan kita ulas singkat bersama Ustad Ikhwan Bahar sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Selain kewajiban berpuasa di bulan ramadhan,ada pula kewajiban lain di bulan mulia ini yaitu mengeluarkan Zakat Fitrah yang wajib dibayar oleh setiap muslim di sebelum lebaran Idul Fitri.

Tiap jiwa  atau Satu orang wajib membayar sakat dengan kadar atau takaran 2,5 kg yang disesuaikan dengan makanan pokok tiap daerah, baik itu  beras, gandum, keju dan makanan pokok lain. Ulama juga membolehkan membayar zakat dengan uang sesuai nilai kadar atau takaran 2,5 kilogram beras.

BACA JUGA:   Presiden SBY Setuju 27 Ramadhan Hari Zakat Nasional

Di beberapa daerah kadar zakat fitrah jika dinilai dengan uang bisa berbeda satu sama lain. Sebelum membayar zakat fitrah dengan uang, maka wajib mengetahui kadar atau harga beras setiap kilogramnya di daerah tempat tinggal. Biasanya, pemerintah daerah melalui Kemenag mengeluarkan kadar zakat fitrah setiap bulan Ramadhan. Namun ada juga yang mengeluarkan sendiri langsung pada orang miskin dan yatim piatu

Jika dinilai kerupiah maka nilai zakat fitrah untuk uang rata-rata Rp 25 ribu hingga Rp 45 ribu. Menurut Syekh Yusuf Qardhawi, ketentuan jumlah yang harus dikeluarkan untuk zakat fitrah tidak berubah-ubah karena telah dibatasi oleh ukuran syar’i, yaitu satu sha’ (satu gantang makanan pokok) sebagaimana yang ditentukan oleh Nabi SAW.

BACA JUGA:   Tim Monev BAZNAS RI Kunjungi Bulukumba

Sedangkan waktu yang paling baik membayar zakat fitrah mulai dari terbit fajar pada hari ‘idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ‘ied. Waktu yang dibolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum ‘ied bahkan sejak memasuki Ramadhan. Mari tunaikan kedua kewajiban ini, berpuasa dan mengeluarkan zakat fitri.

Pos terkait