Kapan Hari Raya Idul Fitri 2015, Muhammadiyah 17 Juli Pemerintah 18 Juli?

  • Whatsapp

image

JAKARTA BB – Jadwal lebaran Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriyah jatuh pada 17 Juli atau 18 Juli 2015. Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat 17 Juli 2015.

Lalu kapan Hari Raya Idul Fitri 2015 menurut pemerintah atau NU?. Lebaran Idul Fitri diprediksi bakal berbeda tahun 2015. Pasalnya bulan sabit pada saat rukyat kemungkinan belum terlihat. Apalagi jika pandangan mata ditutupi oleh awan.

Sekretaris Lajnah Falakiyah PBNU, H Nahari Muslih mengatakan posisi hilal atau bulan sabit pada tanggal 29 Ramadan saat diadakan rukyatul hilal (pengamatan terhadap bulan sabit muda) tahun ini sangat tipis sehingga kemunginan tidak berhasil dilihat.

BACA JUGA:   Jadwal MotoGP Jepang 2014

“Sangat susah melakukan rukyatul hilal pada posisi seperti itu. Sementara yang berpatokan pada hisab (hitungan) menetapkan standar berbeda-beda, seperti antara Muhammadiyah dan Persis,” katanya.

Pakar dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof Dr Thomas Djamaluddin juga memberi sinyal perbedaan tanggal perayaan Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriyah/2015 Masehi.

Saat ini ada tiga jenis perhitungan/metode yakni untuk Muhammadiyah pakai kriteria hilal, NU menggunakan ketinggian dua derajat dan Persis menggunakan beda tinggi empat derajat.

“NU akan menunggu kesaksian hilal. Padahal hilal saat itu masih rendah, sulit sekali diamati, potensi gagal ada. Sementara menurut Persis, itu belum masuk, jadi kalau kalender Persis itu Lebaran 18 Juli,” katanya.

BACA JUGA:   Fidelys Lolobua sumbang perak untuk Indonesia di Asian Games 2014

Menteri Agama Lukman Hakim menyerahkan hasil rukyat untuk dibahas dalam sidang isbat. Apabila hilal tertutup awan selepas Maghrib pada 16 Juli 2015, maka penetapan hari raya Idul Fitri 2015 akan dibahas mendalam oleh peserta sidang isbat. Jika hilal tertutup awan mendung maka puasa digenapkan menjadi 30 hari atau itu artinya Lebaran jatuh pada 18 Juli 2015.

“Besok seperti apa hasil isbat itu tergantung apakah 16 Juli selepas Maghrib itu ada pelaku rukyat melihat hilal atau tidak. Kalau tampak maka dengan sendirinya malam itu masuk 1 Syawal dan besoknya (17 Juli) Idul Fitri,”katanya.

Lepas dari perbedaan itu, ummat muslim sebaiknya saling menghargai. Lebaran pada Jumat 17 Juli atau 18 Juli sama waktunya 1 Syawal 1436 Hijriyah. SELAMAT HATI RAYA IDUL FITRI 1436 HIJRIYAH MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. 🙂

BACA JUGA:   Ini Peserta Grup B D'Academy Asia Malam Ini

Pos terkait