New Horizons’ Pluto Flyby di Google Doodle

image

Google Doodle hari ini 14 Juli 2015 menampilkan perjalanan satelit milik Nasa, New Horizons, untuk mendekati Planet Pluto. Untuk pertama kalinya New Horizons’ berada pada orbit paling dekat.

Tak heran jika Google Doodle membuat animasi khusus berjudul “New Horizons’ Pluto Flyby”. New Horizons sempat dikabarkan hilang kontak pada tanggal 4 Juli dan masuk dalam safe mode. Kini New Horizons resmi mulai melaksanakan urutan penerbangan melintasi Pluto dengan jarak paling dekat hari ini Selasa 14 Juli 2015.

Keduanya akan berpapasan Selasa pagi, pukul 7.49 Waktu Musim Panas Timur. New

Iklan Iklan
Horizons akan mendekat ke Pluto hingga terpaut jarak sekitar 12.500 kilometer.

Itu akan menjadi pertama kalinya bagi Pluto menerima kunjungan pesawat luar angkasa bumi di planetnya. New Horizon sudah menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, mengingat pesawat itu sudah diluncurkan dari Florida, AS, sejak 2006 lalu.

Saat ini New Horizons telah mengirimkan sejumlah foto planet tersebut, yang memperlihatkan empat titik gelap pada satu sisinya. Belum diketahui apakah titik-titik itu adalah kawah permukaan, dataran tinggi, atau sekadar bayangan hasil pantulan cahaya dari permukaan datar planet itu.

Nasa Pluto

Penulis: 
    author

    Posting Terkait