Sesaat Lagi, Permukaan Misterius Planet Pluto Terungkap

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Credit NASA-JHUAPL-SWRI
Credit NASA-JHUAPL-SWRI

JAKARTA,BB – Jika tak ada aral melintang permukaan planet kerdil, Pluto segera terungkap. Wahana antariksa NASA untuk Pluto, New Horizons, hari ini 14 Juli 2015, pukul 17:52 WITA akan mencapai titik terdekat dengan Pluto.

Peneliti dan publik berharap, New Horizon dapat mengabadikan gambar terbaru tepat di posisi 12.500 km dari jarak Pluto. Seperti diketahui, New Horizon terbaru mengirim gambar permukaan Pluto ke bumi.

Bacaan Lainnya

Hanya saja foto yang diambil 11 Juli 2015 lalu itu diambil dari jarak 4 juta km. Permukaan Pluto menampilkan 4 pola hitam yang misterius. Pola isaling menyambung itu menghadap Charon, bulan terbesar yang mengorbit Pluto.

BACA JUGA:   Pluto Tak Kerdil Loh!

Ilmuwan baru menduga panjang pola tersebut adalah 300 mil, dengan bercak yang tak beraturan. Ilmuwan NASA yang berada di markas NASA di Washington juga hanya bisa menerka apa sebenarnya keempat pola hitam tersebut. “Kami tidak bisa memastikan apakah keempat pola hitam itu menunjukkan dataran tinggi atau dataran biasa, ataukah itu hanyalah variasi terang dari permukaan landai,”kata Jeff Moore, ilmuwan NASA yang berkedudukan di markas Mountain View, California.

(Sumber: ScienceSpaceRobots, phys.org)

Pos terkait