Alhamdulillah, Kuota Jamaah Haji Indonesia Kembali Normal Tahun 2016

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Kabar baik datang dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Keputusan pemerintah Arab Saudi memangkas jumlah jamaah haji Indonesia dan negara lain tahun 2013 akan normal pada tahun 2016.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dilansir BeritaBulukumba.COM dari situs Kemenag menegaskan kuota haji Indonesia akan kembali normal pada penyelenggaraan ibadah haji 1437H/2016M. Sebab, Raja dan jajaran Pemerintah Arab Saudi berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan perluasan Masjidil Haram sebelum musim haji tahun depan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   UPDATE: 44 Nama Jemaah Haji Indonesia Wafat Insiden Mina

Penegasan ini disampaikan Menag usai melakukan pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi Bandar Muhammad Hajar, Jeddah, Senin (13/07). Menurut Menag, meski saat itu sudah memasuki liburan jelang Idul Fitri, Menteri Haji tetap melayani para tamu dengan ramah di kantornya.

“Saya mendapati komitmen yang amat kuat bahwa Raja dan seluruh jajaran Pemerintah Arab Saudi bertekad tuntaskan pembangunan perluasan Masjidil Haram sebelum Musim Haji 2016. Kuota Haji 2016 akan dikembalikan normal,” tegas Menag melalui sambungan telepon kepada kontributor Pinmas, Selasa (14/07).

Menag bertolak ke Arab Saudi pada Sabtu (11/07) lalu untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M di Jeddah, Makkah, dan Madinah, seperti dengan Muassasah Asia Tenggara dan termasuk dengan Menteri Haji Arab Saudi. Ikut mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Irjen Kemenag M. Jasin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, dan jajaran Staf Teknik Urusan Haji (TUH) Indonesia yang berkedudukan di Jeddah, Arab Saudi.

BACA JUGA:   Jamaah Calon Haji Bulukumba Berangkat Hari Ini, Semoga Haji Mabrur!

“Tempat tawaf yang saat ini hanya mampu menampung 48 ribu jamaah per-jam, tahun depan akan menjadi 150 ribu jamaah per-jam. Perluasan itu demi untuk kenyamanan jamaah,” jelas Menag.

Kuota normal jamaah haji Indonesia berjumlah 211.000 orang, terdiri dari 194.000 kuota jamaah haji reguler dan 17.000 kuota jamaah haji khusus. Karena ada kebijakan pemotongan kuota sebesar 20% untuk seluruh negara pengirim jamaah haji, sejak tahun 2013 kuota jamaah haji Indonesia menjadi 168.800, terdiri dari 155.200 kuota haji reguler dan 13.600 kuota haji khusus. Sehubungan dengan selesainya perluasan Masjidil Haram, kuota jamaah haji Indonesia akan kembali menjadi 211.000 pada musim haji 2016. (Siaran Pers/Kemenag)